Monday 15 April 2013

UN 2013 Ditunda?!


Hi all, sekarang banyak pemberitaan tentang UN 2013 yang ditunda. Bahkan, sampai 11 provinsi di Wilayah Indonesia bagian tengah yang mengalami penundaan dalam pelaksanaannya. Ujian Nasional yang harusnya dimulai serentak hari ini, tanggal 15 April 2013. Harus ditunda di beberapa tempat. Kenapa ya?


Berita ini sekarang menjadi sorotan publik. M. Nuh sebagai Mendikdub (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) menanggapi masalah ini tidak perlu dibesar-besarkan. Karena, dengan adanya penundaan ini, siswa memiliki lebih banyak waktu untuk belajar. Penundaan ini disebabkan, karena soal dan lembar jawaban masih belum siap untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah.

Ujian Nasional di wilayah Indonesia tengah itu akan ditunda selama tiga hari, atau baru dilaksakanakan pada Kamis, 18 Maret 2013. Mata pelajaran yang diujikan sama seperti jadwal sebelumnya dan sesuai dengan jurusan masing-masing. Namun, di Indonesia bagian Timur dan Barat, UN tetap berjalan sesuai dengan jadwal.

Mungkin sekarang ini, banyak pro dan kontra dari masalah ini. Namun, alangkah baiknya kita mengambil sisi positifnya saja. Kalau pun ada sisi negatifnya yuk kita lupakan sama-sama :D. Tapi, bukan berarti masalah ini dilupakan begitu saja. Karena, masalah ini harusnya menjadi suatu pukulan yang berat bagi pemerintah. Bukan hanya karena kurang lebih 1,1 juta siswa yang terlantar. Namun, juga masalah tanggung jawab.

Alangkah baiknya kita sebagai masyarakat tidak mencaci maki pemerintah. Karena mereka sudah melakukan yang terbaik semampu mereka. Namun, harus ada juga intropeksi diri pada pemerintah dan pembenahan di kemudian hari.

~Be Active~