Friday 19 April 2013

Kenapa Air Laut Asin?

Hi all, update kali ini sangat sederhana. Namun, banyak dari kita yang tidak tahu. Kenapa Air Laut Asin?. Siapa yang nggak pernah ke Laut? Pasti sebagian besar pernah ke Laut kan. Udah ada yang ngerasain rasanya air Laut nggak?
Pasti rasanya asin kan?! Tapi, kebanyakan orang saat ditanya "Eh, tau nggak kenapa air laut asin?" dijawab dengan mudah "karena ada garam lah" -_-. Terus pernah terlintas nggak di benak kita kalau darimana sih asal garam tersebut?


Penjelasannya sebenarnya sangatlah sederhana dan simple. Air di laut berasal dari berbagai muara sungai dan aliran air. Saat terjadi hujan di daratan, garam mineral yang terdapat di tanah dan batu-batuan larut dan ikut terbawa air. Lalu mengikuti aliran air dan akhirnya semua air dan garam mineral tersebut bermuara di Laut. Itulah yang menyebabkan air laut asin. 

Jadi di sungai, danau, ataupun air tanah terdapat garam mineral? tapi kenapa tidak berasa asin?

Jawabannya adalah karena penguapan oleh cahaya matahari.
Laut memiliki luas permukaan yang lebih besar daripada sungai ataupun danau. Karena itu penguapan di laut lebih cepat daripada di sungai ataupun danau. Sehingga, perbandingan antara garam mineral dengan air di Laut lebih besar daripada perbandingan di sungai.

Sekian dulu dari saya, kalau ada tambahan atau sanggahan monggo dikritik. Karena kita sama-sama belajar di Active-24.blogspot.com.

~Be Active~