Tuesday 9 April 2013

Kenapa Langit Berwarna Biru?

opet-kopet.blogspot.com
Hi all, udah lama nggak update nih. Kali ini akan ada update "Kenapa langit berwarna biru saat siang hari?". Banyak orang yang berpendapat langit berwarna biru karena memang warna dasar dari langit adalah biru, tapi masih banyak juga statement yang berkembang di masyarakat. Namun, faktanya adalah......



"Karena Langit tidak berwarna merah". Hahaha, bercanda-bercanda. Langit berwarna biru disebabkan atmosfir bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel-partikel. Cahaya matahari yang memasuki atmosfir tersebut bertemu dengan molekul gas dan partikel-partikel kecil tadi. Lalu, Cahaya tersebut terhambur oleh partikel-partikel kecil di atmosfer. Tapi, kita tahu kalau Cahaya matahari terdiri dari warna Mejikuhibiniu (Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu). Lalu, kenapa cuman warna biru yang terlihat?

"Karena hanya cahaya dengan frekuensi yang kuat lebih mudah untuk dihamburkan"
Masih bingung ya? Kalau kita urutkan dari frekuensi cahaya yang paling tinggi ke frekuensi cahaya yang paling rendah maka :
Ungu (Frekuensi paling tinggi)
Biru
Hijau
Kuning
Jingga
Merah(Frekuensi paling rendah)

"Jadi cahaya yang paling mudah dihamburkan adalah biru dan ungu"
Bukankah cahaya ungu lebih tinggi frekuensinya? mengapa bukan warna ungu yang terlihat di langit?

Di dalam retina mata terdapat tiga reseptor warna, yakni reseptor merah, biru, dan hijau. Masing-masing reseptor sensitif untuk masing-masing warna. Sehingga ketika ada beberapa warna mesuk ke retina secara bersamaan, maka masing-masing warna akan ditangkap oleh reseptor yang sesuai. Nah..pada peristiwa hamburan cahaya, berdasarkan nilai frekuensinya maka warna biru dan ungu adalah warna yang paling banyak dihamburkan. Namun langit tampak berwarna biru karena di dalam retina terdapat sel reseptor biru yang lebih sensitif untuk menangkap warna biru ketimbang ungu. Akibatnya, kesan warna yang paling dominan untuk dilihat adalah biru

Luar biasa ya, hanya untuk mengetahui "mengapa langit berwarna biru", kita harus mengetahui berbagai jenis ilmu di dunia ini.
Namun, bukan banyaknya ilmu yang berharga. Tetapi, bagaimana kita menerapkannya di kehidupan kita. Do You Agree with me?

~Be Active~
Sumber :
1. http://arulastro.blogspot.com/2012/07/mengapa-langit-berwarna-biru.html#.UWTSvaI3uco
2. http://shobru.wordpress.com/sains/mengapa-langit-berwarana-biru/