Wednesday 3 April 2013

Karesidenan, Sistem Kuno di Zaman Sekarang

http://id.wikipedia.org/wiki/Karesidenan
Hi all, sudah pernah denger belum tentang Karesidenan? Kalau belum tau, Karesidenan adalah sebuah pembagian administratif dalam sebuah provinsi di kawasan Hindia Belanda dan berlaku juga di Indonesia sampai tahun 1950-an. Kalau secara lebih sederhananya, Karesidenan seperti pembagian wilayah yang lebih kecil di bawah provinsi. Namun tau nggak kalau karesidenan masih digunakan sampai sekarang?

Mungkin, sekarang kita sudah jarang mendengar istilah Karesidenan. Karena di era krisis tahun 1950-an, sudah tidak ada karesidenan lagi dan mulai digantikan dengan Kabupaten. Karesidenan kemudian dikenal dengan istilah "Pembantu Gubernur" (istilah ini sekarang sudah tidak digunakan lagi). Namun demikian, sebutan "eks-karesidenan" masih dipakai secara informal.

Kata karesidenan berasal dari Bahasa Belanda Residentie. Sebuah karesidenan dikepalai oleh residen, yang berasal dari Bahasa Belanda Resident.Pejabat di atas residen adalah gubernur jenderal, yang memerintah atas nama Raja dan Ratu Belanda.

Terus, hubungannnya dengan zaman sekarang apa dong?

Pasti udah sering lihat benda yang namanya plat nomor kan.....
ilmuonline.net


Percaya atau tidak, huruf awal di depan plat nomor. Misalnya N **** AB. Huruf "N" menunjukkan karesidenan Malang.Jika Huruf "L" menunjukkan karesidenan Surabaya dan yang lainnya. Dengan adanya sistem karesidenan dalam plat nomot kendaraan. Membantu satuan keamanan untuk melakukan tugasnya. (Untuk Daftar kode plat nomor dan Kota yang mewakili, bisa dilihat di sini )

Sistem Kuno memang mulai terlupakan, Namun sistem Kuno tidak pernah kehilangan keefektifitasannya.

~Be Active~

Sumber :