Wednesday 1 May 2013

Hari Pendidikan Nasional

Hi all, bertepatan tanggal 2 Mei 2013. Sekali lagi, kita merayakan hari pendidikan nasional. Hari yang diperingati setiap tanggal 2 Mei ini, pada tahun 2013 ternoda dengan sedikit kendala dengan ditundanya UN 2013. Namun, terlepas dari beberapa kendala yang ada. Ada yang tahu nggak kenapa tanggal 2 Mei menjadi hari pendidikan nasional?
2 Mei adalah hari lahirnya Ki Hajar Dewantara. Beliaulah yang dianggap sebagai seseorang yang memajukan pendidikan di Indonesia.
http://blog.lazada.co.id/sejarah-hari-pendidikan-nasional/
Beliaulah yang mendirikan perguruan tinggi Taman Siswa (Nation all Onderwijs instituut Tamansiswa : Bahasa belandanya) pada tanggal 3 Juli 1922. Perguruan tinggi tersebut memberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan pada orang-orang yang tidak mampu dan sama hak pendidikannya dengan orang-orang yang kaya pada zaman tersebut.

Mungkin sedikit berbeda dengan perguruan tinggi yang ada di zaman sekarang ya?

Ki Hajar Dewantara sendiri meninggal pada tanggal 28 April 1958 dan sejak tahun 1959 Tanggal 2 Mei (yang bertepatan dengan hari lahir beliau) ditetapkan sebagai hari Pendidikan Nasional berkat jasa-jasanya.

Selain hari lahirnya menjadi hari pendidikan nasional, wajah beliau juga dikenalkan pada masyarakat luas. Lewat uang Rp. 20.000,00 yang lama.
1uang-kuno-indonesia.blogspot.com

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya. Tapi bukan hanya menghargainya, kita harus meniru semangat juang mereka.Semangat dan berjuanglah Masyarakat Indonesia, karena kita harus terus berusaha untuk memajukan Bangsa Indonesia.

~Be Active~