Thursday 2 May 2013

Cara Kreatif Hadapi Stress

Hi all, Udah sering stress atau bahkan galau? di sini solusinya. Eh, kok jadi iklan, hehehe. Kali ini, yuk kita bahas cara-cara kreatif hadapi stress. Pasti yang baca udah pernah stress kan? atau bahkan sering? Mau sering ataupun jarang semoga ilmu ini bisa bermanfaat ya, Check this out.
1. Rasakan deburan ombak,hangatnya mentari dan nikmatnya angin sepoi.

Bila kita dilanda stress berkepanjangan, ada baiknya kita diam sejenak dan menikmati apa yang ada di pikiran kita. Coba pikirkan deburan ombak dan dengarkan suaranya. Rasakan hangatnya sinar mentari yang menyentuh kulit kita atau kita bisa nikmati angin sepoi yang berhembus melewati kita. Mungkin metode ini sangat sederhana, tapi karena sudah pernah saya coba. Saya rekomen cara ini :D.

2. Ubah Perspektif kita
Sebenarnya kembali lagi ke Mind Set kita. Sebenarnya, segala sesuatu yang menimpa kita bersifat netral (tidak bersifat positif maupun negatif bagi kita). Namun, pemikiran kita yang membuatnya menjadi sesuatu yang negatif dan sering membuat kita stress. Coba kita ubah cara pandang kita. Jika dalam sudut pandang kita hal tersebut adalah "hal yang negatif" maka ubah cara pandang kita menjadi cara pandang yang lain. Agar bisa menjadi "hal yang positif".

Contohnya : Di saat ada ulangan, ada beberapa anak yang menganggapnya sebagai "suatu bencana". Namun, jika diambil dari cara pandang yang lain. "Lebih baik ulangan sekarang deh, jadi minggu depan pelajaran ini bisa kosong :D". Mungkin secara simplenya seperti di atas.

3. Ikhlas
Satu kata yang bermakna luas. Selain cara-cara di atas, satu hal yang harus dilakukan adalah menerima segala sesuatu yang terjadi. Jika kita mudah menerima segala sesuatu, maka kita pun jarang mengalami stress.

Udah deh sekian dulu cara kreatif dari saya. Kalau ada yang punya cara lain, Share di bawah lewat comment ya. Bisa jadi ntar buat tambahan di post ini. :D

~Be Active~