Thursday 16 May 2013

Sistem Koloid

Hi all, setelah di post sebelumnya sudah membahas Perbedaan Larutan,Koloid dan Suspensi. Sekarang mari kita bahas tentang sistem koloid. Karena ternyata di sekitar kita banyak sekali koloid yang kita gunakan sehari-hari.

Koloid sendiri adalah campuran heterogen dua zat yang tersebar secara merata dalam medium-nya dan tidak mengalami pengendapan jika didiamkan. Koloid terdiri dari dua fase yaitu fase terdispersi dan fase pendispersi.

Bagi yang masih bingung dengan fase terdispersi dan fase pendispersi (medium dispersi). Ini dia penjelesan singkatnya :
1. Fase terdispersi adalah zat yang terdispersi (Sifatnya diskontinu/terputus-putus jika dilihat dalam mikroskop ultra)
2. Fase pendispersi (medium dispersi) adalah medium untuk mendispersikan zat (Sifatnya kontinu/tidak terputus-putus jika dilihat dalam mikroskop ultra)

Untuk lebih mudahnya, sebagai contoh suatu koloid adalah Susu. Susu adalah Lemak susu yang terdispersi dalam air. Dapat disimpulkan bahwa fase terdispersinya adalah lemak susu dan mediumnya adalah air. Lihat gambar di bawah ini.
minakurajanyaseafood.blogspot.com
Susu (Lemak susu yang terdispersi dalam air)
Dapat dilihat di atas di bawah mikroskop ultra. Sistem Koloid yang terlihat secara sekilas seperti campuran homogen. Ternyata setelah didekatkan dengan mikroskop ultra adalah campuran heterogen.

Secara Umum, sifat-sifat Koloid adalah :
1. 2 fase (Fase terdispersi dan Fase pendispersi/medium)
2. keruh
3. antara homogen dengan heterogen (maksudnya di sini, jika dilihat sekilas terlihat seperti campuran homogen namun jika dilihat di mikroskop ultra bersifat campuran heterogen)
4. diameter partikel: 1 nm < d < 100 nm
5. tidak dapat disaring dengan penyaring biasa, melainkan dengan penyaring ultra
6. tidak memisahkan jika didiamkan (Stabil)

Contoh-contoh koloid sendiri adalah Susu, Tinta, Cat, Hair spray, Obat nyamuk dll. 

Jenis-jenis koloid sendiri dibagi berdasarkan fasa dispersi dan fase pendispersinya yang dapat dilihat di sini. Sedangkan untuk perbedaan Larutan, Koloid dan Suspendi dapat dilihat di sini. Sekian dulu dari saya, admin undur diri. Ini sedikit "advice" bagi semuanya. Ayo kita berbagi ilmu dengan orang lain, karena dengan berbagi ilmu. Ilmu kita bukan semakin habis, namun semakin bertambah.

~Be Active~