Saturday 4 May 2013

Beda Cahaya Kunang-kunang dan Lampu

Hi all, untuk post kedua hari ini. Pada tau kan yang namanya kunang-kunang? Hewan bercahaya ini dapat menghasilkan cahayanya sendiri. Sama kayak bola lampu ya, bisa menerangi yang lagi galau-galau malam ini :D. Tapi, cahaya yang dihasilkan Lampu dan kunang-kunang beda loo....
http://nira15.blogspot.com/

Perbedaan 1 (Sumber Energi)
Kunang-kunang : Cahaya kunang-kunang berasal dari "Sinar Dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah.
Lampu : Cahanya berasala dari perubahan energi listrik menjadi energi cahaya dan panas.

Perbedaan 2 (Efisiensi Cahaya)
Kunang-kunang : Cahaya kunang-kunang sangat efisien, sampai 96-100% energinya benar-benar diubah menjadi cahaya.
Lampu : Kurang efisien karena hanya berkisar 5-15% dari energi listrik yang diubah menjadi cahaya. Namun, sisanya sebagian besar diubah menjadi energi panas. Karena itu kalau kita pegang lampu yang udah nyala lama banget, kerasa panas -o-

Perbedaan 3
id.wikipedia.com

Sebenarnya bukan perbedaan sih kalau yang ini, namun seperti pembanding aja. Para Ilmuwan sudah bisa membuat Cahaya yang sama persis dengan cahaya Kunang-kunang. Namun, para Ilmuwan harus mengambil suatu zat pada kunang-kunang (fotosit : sel-sel penghasil cahaya), agar bisa membuatnya. 

Luar biasa ya, cahaya kunang-kunang yang sangat kecil seperti itu. Malah memiliki efisiensi yang lebih baik daripada bola lampu yang kita gunakan sekarang. Mungkinkah di masa depan, semua lampu memiliki efisiensi cahaya 100%?

"Nothing is Imposible"

~Be Active~