Tuesday 19 March 2013

Quote

Hi all, ada yang tau nggak tentang quote? pasti tahu dong, apalagi sering kita lihat di Facebook , Twitter dan berbagai jejaring sosial yang lain. Namun, pada tahu nggak sih apa itu Quote? mari kita bahas di update kali ini :D

hmm. ngomongin tentang quote nggak akan jauh dari yang namanya jejaring sosial. Bukan lagi soal dapet like atau RT yang banyak dari temen kita. Tapi juga mengungkapkan apa sih isi hati kita ke orang lain.

Quote sendiri kalau dalam bahasa indonesia artinya itu "kutipan". Mungkin artian mudahnya Quote adalah kutipan perkataan dari seseorang. Quote ini bisa jadi berasal dari seorang filsuf, ilmuwan, rohaniwan, pujangga, bahkan pejuang. Tapi, kita juga bisa buat quote kita sendiri :D.

Namun sekarang, sebuah Quote sendiri dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Karena, banyak quote yang berisi retorika-retorika. Pada tau nggak retorika apa?Ini dia penjelasannya.

Retorika adalah kalimat persuasif untuk membujuk seseorang melalui karakter pembicara, emosional atau argumen (logo).

Masih Bingung? Gini deh, Retorika sendiri sering digunakan dalam dunia politik untuk menarik simpati dari para pendukungnya atau bisa dibilang Retorika membuat kita berpikir ke jalan pikiran yang sama dengan si pembicara.

Terus hubungannya sama Quote apa dong? Kalau kita sudah terbiasa menerima kalimat "Retorika", bisa jadi membuat kita melihat suatu masalah atau kejadian dengan simpel. Karena kita terlalu mudah menyederhanakan suatu masalah dengan sebuah quote yang mengandung retorika dan membuat pemikiran kita ridak sistematis terhadap suatu masalah.

Memang tidak menutup kemungkinan kalau kita buat Quote di FB atau tweeter, akan membut perasaan kita lebih nyaman.Tapi Quote hanyalah sebuah opini pribadi, So jangan sampai emosional kita bisa terpengaruh hanya karena 1 Kalimat.

~BE ACTIVE~

Sumber :

1. http://ngeteh.wordpress.com/2011/02/21/korban-quote-kutipan-sebuah-analisa-retorika/
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Retorika