Sunday 17 March 2013

7 Kalimat Yang menghambat diri sendiri

http://www.motivasi-islami.com/7-kalimat-yang-menghambat-kemajuan-diri/comment-page-1/#comment-7599Hi all, ini ada beberapa update dari saya. Kali ini saya ambil materi dari website tetangga. Isinya sih nggak jauh beda sama web tetangga, tapi cuman cara penyampaiannya saja yang saya ubah :D.

Nah, sekarang mari kita bahas satu persatu, 7 kalimat yang akan menghambat kemajuan diri kita.

1. SAYA TIDAK BISA
 ini pasti kata-kata yang sering kita dengar, bahkan sering kita omongin. Bener nggak? Tapi, sabaiknya kita harus sering2 menghindari kalimat ini. Kenapa harus dihindari? Sekarang, mari saya beri 1 pertanyaan mudah.

Apakah anda seseorang yang lahir dan langsung bisa membaca artikel ini di internet?
Tentu jawabannya adalah TIDAK.

Percayalah,bukan anda satu-satunya yang tidak bisa. semua orang di dunia ini berawal dari "Ketidakbisaan". Karena sebenarnya kalimat "saya tidak bisa", "itu sulit bagi saya". Hanya sebatas kalimat yang akan menghambat kita untuk "Bisa". Mungkin kalimat yang tepat bukan "Tidak Bisa" namun "Belum Bisa". Karena  itu, sebenarnya ini berasal dari diri kita sendiri. 

Kita ingin atau tidak?

2. SAYA LAKUKAN BESOK
 Ini dia kalimat yang cukup umum. "Saya lakukan besok saja, toh masih lama dikumpulkan" itu contoh dari pengaplikasiannya :p, bahkan hari-hari berikutnya, anda mungkin terus mengatakannya. Terus, kapan dong ngerjakannya ? Sebenarnya ini bukan antara hari ini,besok, atau lusa. Ini adalah keinginan diri kita sendiri.

Serius, jika anda ingin maju, lakukanlah hal yang harus dilakukan sekarang dan jangan menunda. Karena, semakin banyak anda menunda, maka akan semakin banyak tugas di belakang. Pada akhirnya anda malah tidak mengerjakan semuanya (pengalaman pribadi :p). Jadi kapan anda akan melakukannya? 
Sekarang atau besok?

3. SAYA BELUM NYAMAN
 Untuk kalimat yang satu ini, sebenarnya adalah sebuah penolakan dari kita sendiri untuk pergi ke "zona yang tidak nyaman". Maksudnya, kalian masih ingin Nyaman dengan suasana saat ini. Namun, apakah anda akan tetap di "zona nyaman" anda? bahkan untuk kemajuan anda?

 Sebaiknya kita berusaha untuk masuk ke "zona yang tidak nyaman" untuk kebaikan kita sendiri. Saya beri 1 contoh dari teman saya sendiri.
 Dia mungkin tidak nyaman saat pertama kali dia berjualan/ berwirusaha karena dia merasa malu. Namun, dia tetap menjalaninya dan sekarang dia merasa nyaman dalam perkerjaannya. Bahkan dia bangga karena bisa menghasilkan uang sendiri :D. 

Jika kalian sudah bisa masuk kedalam suatu Lingkungan, maka kalian baru akan merasakan
kenyamannnya

4. SAYA MASIH BINGUNG
  Bingung sebenarnya adalah sebuah awal. "Saya masih bingung dengan pelajaran tersebut". Lalu dengan kebingungan itu, apakah anda akan berhenti? That's your choice. 
 Saya beri sebuah perumpamaan, jika anda akan belajar bersepeda. Pasti anda bingung, bagaimana caranya? atau untuk apa roda di sepeda ini? Namun saat anda sudah menemukan "Caranya" , Kebingungan itu hilang dan anda akan bisa bersepeda, bahkan kemanapun anda mau.

5. SAYA TAKUT KECEWA
   Jika Anda takut kecewa kemudian Anda tidak melakukan apa-apa, sebenarnya Anda sedang menanti kekecewaan yang lebih besar lagi dimasa mendatang. Saat Anda bertindak, mungkin berhasil, mungkin juga tidak. Namun jika Anda tidak bertindak, Anda pasti gagal. Saat Anda tidak bertindak, sebenarnya Anda SUDAH gagal. Lalu kenapa tidak kecewa? Karena Anda tidak menyikapinya sebagai kegagalan. Padahal, jelas-jelas anda gagal.

   Jadi pada intinya, anda tidak harus takut melakukan sesuatu karena takut akan Kecewa. Karena, jika anda tidak melakukan apapun, itu akan Membawa anda ke kekecewaan yang lebih besar :D.

6.SUDAH TERLAMBAT
  Nggak usah panjang lebar buat yang ini. Nggak ada yang namanya terlambat sampai ajal yang menjempu kita :)

7.SAYA SUDAH MELAKUKAN YANG TERBAIK
   Apa bener udah yang terbaik? itu mungkin menurut anda. Namun , anda masih bisa melakukan sesuatu yang lebih Baik lagi saat anda berlatih lagi.


  Ini bukan soal terbaik, namun menjadi yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Hmm.... di atas udah 7 kalimat yang sebaiknya kita hindari. So, coba untuk menghindari kata-kata di atas and jangan lupa untuk terus aktif dimanapun kamu berada :)

~BE ACTIVE~
Sumber :
1. http://www.motivasi-islami.com/7-kalimat-yang-menghambat-kemajuan-diri/comment-page-1/#comment-7599 (dengan sedikit perubahan)