Wednesday 20 March 2013

Program Penghitung Momen Inersia

Hi all , update kali ini saya akan mengupload sekali lagi... program sederhana buatan saya sendiri :)
kali ini saya akan mengupload tentang ~PROGRAM PENGHITUNGAN MOMEN INERSIA~


mungkin sekilas info dulu sebelum kalian download programnya,hehehe
banyak dari kalian pasti sudah tahu kan Apa sih Momen Inersia itu? Momen Inersia adalah momen kelembaman sebuah benda dalam bergerak rotasi.

Dari sini ada yang tidak paham? kelembaman itu apa? yap..... saya sendiri juga sedikit bingung setelah mendapat kosakata yang rumit dari kata di atas,hmmm......
Tapi setelah saya baca lagi hukum newton 1 di sini. Dapat saya simpulkan bahwa kata "Kelembaman" hampir mirip artinya dengan kelambanan atau malas. Malas di sini bukan berarti malas untuk "belajar" :p, namun suatu partikel akan "Malas" untuk berubah dari keadaan sebelumnya.

masih belum paham ya? gini deh, saya kasih 1 perumpamaan ya? :D

kalau kita ada di sebuah mobil dengan kelajuan 100km/ jam dan tiba2 ada seekor kucing lewat melintas  dan kita tiba2 mengerem. Apa yang terjadi pada diri kita? Badan kita akan secara refleks terdorong ke depan. Nah, itu dia yang dimaksud dengan Inersia/Kelembaman. Badan kita "Malas" untuk berubah dari keadaan sebelumnya (Dalam hal ini melaju dengan kelajuan 100km/jam)

Nah dari hal di atas dapat kita simpulkan secara SIMPLE, bahwa momen inersia adalah :

momen dimana suatu partikel bertahan pada keadaan sebelumnya

Momen Inersia memiliki 2 rumus umum :
Momen Inersia Sistem Partikel : m.R2
Momen Inersia Benda Tegar : k.m.R2

nah udah tahu kan Pengertian Momen Inersia secara umum, untuk penggunaan rumus mana yang harus digunakan, "Rumus untuk Momen Inersia Sistem Partikel" atau "Rumus untuk Momen Inersia benda tegar". Akan dijelaskan pada program yang bisa anda download disini.

Nb: Bila ada kesulitan dalam pembukaan,penjalanan,atau error dalam program, dimohon untuk segera comment atau private message kepada saya dan akan segera saya benahi(maklum newbie :p), Terima Kasih

~BE ACTIVE~

Sumber: